Patah Hati Bisa Bikin Mati?



Mungkin banyak yang beranggapan seseorang yang tiba-tiba sakit karena suatu permasalahan (seperti patah hati ditinggal kekasih) merupakan suatu hal yang dilebih-lebihkan saja. Rasanya tidak mungkin sesuatu yang berasal dari emosi dan pikiran bisa menimbulkan penyakit.

Namun, dari sudut pandang medis hal tersebut bisa saja terjadi. Ada penyakit yang bernama "Takotsubo Cardiomyopathy", yaitu sebuah kelainan otot jantung yang disebabkan adanya emosi. Penyakit ini sering dikenal pula dengan istilah "Broken Heart Syndrome", karena faktor risiko dari penyakit ini adalah perasaan stres, sedih, dan emosi yang diakibatkan adanya permasalahan hidup (salah satunya patah hati).

Mengapa patah hati bisa menimbulkan gejala ke tubuh? Hal ini dikarenakan emosi yang disebabkan oleh tubuh kita akan mengeluarkan sejumlah hormon yang dapat menyebabkan pembuluh darah ke jantung menjadi spasme dan menyempit, sehingga mengakibatkan terganggunya suplai darah ke otot jantung. Data menunjukkan 90% dari penderita penyakit ini adalah wanita (yang mungkin saja korban PHP dari para fakboi).

Singkatnya, apakah patah hati bisa bikin mati? Jawabannya adalah iya. Hal ini disebabkan faktor-faktor yang disebutkan di atas dan dapat menimbulkan masalah ke tubuh, terutama jika mengenai pada orang-orang yang memiliki masalah kesehatan lebih dahulu. Sekalipun patah hati tidak pasti akan membuat kita mati, namun hal tersebut jelas tidak baik bagi kesehatan tubuh kita. Oleh karena itu, mari kita hilangkan segala pikiran negatif dan jauhi pasangan yang PHP.😀

Referensi: Can You Die Of A Broken Heart? A heart surgeon's insight into waht makes us sick. Dr. Nikki Stamp.
Patah Hati Bisa Bikin Mati? Patah Hati Bisa Bikin Mati? Reviewed by Jefry A. Tribowo on 20:22:00 Rating: 5

No comments:

top navigation

Powered by Blogger.